Saturday, June 11, 2016

RESENSI, PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU, Dr, DEDEN MAKBULOH, M. Ag, NILAYATI



PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia

KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM
Dosen : Dr. Deden Makbuloh, M.Ag
Identitas Penulis Buku
Pengarang                  : Dr. Deden Makbuloh, M. Ag
Tebal Buku                : 216 hlm
Penerbit                      : PT RajaGrafindo Persada
Kota Terbit                : Jakarta
Tahun Terbit             : 2016
ISBN                           : 978-979-769-967-3

Disusun oleh:
NILAYATI
NPM. 1311010334
Jurusan/ Smt/ Kelas : Pendidikan Agama Islam/ VI/ D
LOGO_IAIN_RADEN_INTAN_LAMPUNGhttps://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-0/s526x395/13319986_1133278466693563_3308090337884003888_n.jpg?oh=4a108c6f0ab637fee709139534af1305&oe=57C513B9

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
RADEN INTAN LAMPUNG
1437 H /2017 M
 https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-0/s526x395/13319986_1133278466693563_3308090337884003888_n.jpg?oh=4a108c6f0ab637fee709139534af1305&oe=57C513B9

RESENSI BUKU
1.      MENDESKRIPSIKAN ISI BUKU
            Manajemen mutu dalam bidang pendidikan masih tergolong baru dibandingkan dengan manajemen mutu bidang ekonomi industri. Teori manajemen mutu kemudian menjadi   kebutuhan dalam mengelola lembaga-lembaga pendidikan hingga era persaingan merebut jaminan mutu. Pemerintah, masyarakat, dan penggun jasa pendidikan sangat membutuhkan lembaga pendidikan yang bermutu. Hal ini harus direspons oleh para pengelola lembaga pendidikan di tingkat sekolah oleh para pengelola lembaga pendidikan di tingkat sekolah dan madrasah. Sikap demikian akan memberikan manfaat besar baik kepada internal maupun eksternal.

            Buku yang berjudul “PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS” karangan Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. Buku ini ditulis untuk menyebarluaskan pemikiran dalam bidang pendidikan Islami yang dihubungkan dengan sistem penjaminan mutu. Buku ini mengambil posisi sangat tepat dalam dunia pendidikan. Penetapan pendidikan yang Islami dengan ditopang sistem penjaminan mutu yang terukur akan menjadi landasan dalam mencerdaskan bangsa Indonesia secara mendasar. Pendidikan Islam di Indonesia sangat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, mengingat bahwa populasi penduduk Indonesia lebih dari 300 juta dan sebagian besar adalah Muslim lebih dari 75 persen dan apabila dalam pendidikan Islam terjadi kesalahan dalam memberikan pendidikan, maka dapat dibayangkan kerugian besar yang dapat terjadi pada bangsa dan negara.
Buku ini disusun dalam lima bab yaitu; bab pertama dimulai dengan pendahuluan yang meliputi latar belakang penelitian, permasalahan aktual, tujuan penulisan, tinjauan penelitian terdahulu, dan kerangka pikir.  Kemudian pada bab kedua yang merupakan landasan teori, membahas tentang teori-teori manajemen mutu pendidikan mulai dari konsep, strategi, hingga pengendalian sistem dalam pendidikan. Bab ketiga membahas tentang sistem pendidikan Islami. Pada bab ini juga dibahas mengenai perbedaan penyebuatan antara istilah pendidikan Islami dan pendidikan Islam (umum). Bab keempat membahas tentang pentingnya imlementasi manajemen mutu dalam bidang pendidikan Islami. Dan bab kelima merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi. Buku ini mengambil posisi yang sangat tepat dalam dunia pendidikan. Penetapan dunia pendidikan yang Islami dengan ditopang sistem penjaminan mutu yang terukur akan menjadi landasan dalam mencerdaskan bangsa Indonesia secara mendasar.
Ketua pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Lampung Periode 2015-2016 ini,  menjabarkan secara akurat teori-teori manajemen mutu pendidikan dengan memberikan gambaran berbagai permasalahan nyata yang dihadapi bangsa terkait pendidikan dan mutunya.

2.      KELEBIHAN BUKU
a.       Bahasanya mudah dipahami dan dimengerti.
b.      Disusun secara sistematis.
c.       Mengaitkan dengan permasalahan yang ada.
d.      Buku ini dapat dijadikan referensi untuk memajukan mutu pendidikan islam.
e.       Buku ini menyajikan berbagai teori dari para pakar untuk di jadikan dasar peningkatan mutu.
f.       Buku ini juga membahas secara detail masalah-masalah yang ada dalam lembaga pendidikan khususnya pendidikan Islam.
g.      Buku ini juga dapat meningkatakan kesadaran masyarakat akan pentingnya mutu pendidikan, agar terciptanya generasi yang unggul.

3.      KEKURANGAN BUKU
a.       Tidak adanya glosarry, sehingga tidak dapat mengetahui secara mendalam kata-kata yang kurang dimengerti.
b.      Dalam penjelasan ayat al-qur’an hanya menggunakan arti tidak menggunakan arabnya.
c.       Terdapat kekurangan huruf pada kata “dengan” di halaman 47, kata “tolok” yang seharusnya “tolak” pada halaman 81 dan kata yang salah ketik “pelbagai” yang seharusnya “berbagai” pada halaman viii.

No comments:

Post a Comment