PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia
KAPITA SELEKTA
PENDIDIKAN ISLAM
Dosen : Dr. Deden
Makbuloh, M.Ag
Identitas Penulis Buku
Pengarang : Dr. Deden Makbuloh, M. Ag
Tebal Buku : 216 hlm
Penerbit : PT RajaGrafindo Persada
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016
ISBN : 978-979-769-967-3
Disusun oleh:
NILAYATI
NPM. 1311010334
Jurusan/ Smt/ Kelas : Pendidikan
Agama Islam/ VI/ D
FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI
RADEN INTAN LAMPUNG
1437 H /2017 M
RESENSI
BUKU
1.
MENDESKRIPSIKAN ISI BUKU
Manajemen
mutu dalam bidang pendidikan masih tergolong baru dibandingkan dengan manajemen
mutu bidang ekonomi industri. Teori manajemen mutu kemudian menjadi kebutuhan dalam mengelola lembaga-lembaga
pendidikan hingga era persaingan merebut jaminan mutu. Pemerintah, masyarakat,
dan penggun jasa pendidikan sangat membutuhkan lembaga pendidikan yang bermutu.
Hal ini harus direspons oleh para pengelola lembaga pendidikan di tingkat
sekolah oleh para pengelola lembaga pendidikan di tingkat sekolah dan madrasah.
Sikap demikian akan memberikan manfaat besar baik kepada internal maupun
eksternal.
Buku
yang berjudul “PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN
BERKUALITAS” karangan Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. Buku ini ditulis untuk
menyebarluaskan pemikiran dalam bidang pendidikan Islami yang dihubungkan
dengan sistem penjaminan mutu. Buku ini mengambil posisi sangat tepat dalam
dunia pendidikan. Penetapan pendidikan yang Islami dengan ditopang sistem
penjaminan mutu yang terukur akan menjadi landasan dalam mencerdaskan bangsa
Indonesia secara mendasar. Pendidikan Islam di Indonesia sangat strategis untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, mengingat bahwa populasi penduduk
Indonesia lebih dari 300 juta dan sebagian besar adalah Muslim lebih dari 75
persen dan apabila dalam pendidikan Islam terjadi kesalahan dalam memberikan
pendidikan, maka dapat dibayangkan kerugian besar yang dapat terjadi pada
bangsa dan negara.
Buku ini disusun dalam lima bab yaitu; bab pertama dimulai dengan
pendahuluan yang meliputi latar belakang penelitian, permasalahan aktual,
tujuan penulisan, tinjauan penelitian terdahulu, dan kerangka pikir. Kemudian pada bab kedua yang merupakan
landasan teori, membahas tentang teori-teori manajemen mutu pendidikan mulai
dari konsep, strategi, hingga pengendalian sistem dalam pendidikan. Bab ketiga
membahas tentang sistem pendidikan Islami. Pada bab ini juga dibahas
mengenai perbedaan penyebuatan antara istilah pendidikan Islami dan pendidikan
Islam (umum). Bab keempat membahas tentang pentingnya imlementasi
manajemen mutu dalam bidang pendidikan Islami. Dan bab kelima merupakan
bab penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi. Buku ini mengambil posisi
yang sangat tepat dalam dunia pendidikan. Penetapan dunia pendidikan yang
Islami dengan ditopang sistem penjaminan mutu yang terukur akan menjadi
landasan dalam mencerdaskan bangsa Indonesia secara mendasar.
Ketua pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Lampung Periode 2015-2016
ini, menjabarkan secara akurat
teori-teori manajemen mutu pendidikan dengan memberikan gambaran berbagai
permasalahan nyata yang dihadapi bangsa terkait pendidikan dan mutunya.
2.
KELEBIHAN BUKU
a.
Bahasanya mudah
dipahami dan dimengerti.
b.
Disusun secara
sistematis.
c.
Mengaitkan dengan
permasalahan yang ada.
d.
Buku ini dapat
dijadikan referensi untuk memajukan mutu pendidikan islam.
e.
Buku ini menyajikan
berbagai teori dari para pakar untuk di jadikan dasar peningkatan mutu.
f.
Buku ini juga membahas
secara detail masalah-masalah yang ada dalam lembaga pendidikan khususnya
pendidikan Islam.
g.
Buku ini juga dapat
meningkatakan kesadaran masyarakat akan pentingnya mutu pendidikan, agar
terciptanya generasi yang unggul.
3.
KEKURANGAN BUKU
a.
Tidak adanya glosarry,
sehingga tidak dapat mengetahui secara mendalam kata-kata yang kurang
dimengerti.
b.
Dalam penjelasan ayat
al-qur’an hanya menggunakan arti tidak menggunakan arabnya.
c.
Terdapat kekurangan
huruf pada kata “dengan” di halaman 47, kata “tolok” yang seharusnya “tolak”
pada halaman 81 dan kata yang salah ketik “pelbagai” yang seharusnya “berbagai”
pada halaman viii.
No comments:
Post a Comment